Senin, 06 September 2010

Kapan Shock Absorber Anda Harus Diganti??

Fungsi utama dari Shock Absorber dan penopangnya adalah untuk menjaga kestabilan ban berinteraksi
dengan jalan, sehinga Anda dapat mengendalikan kendaraan dengan baik-
Shock breaker bekerja dengan cara merubah energi kinetik akibat kejutan jalan yang tidak rata pada pegas atau per menjadi energi panas pada fluida di dalam shockbreaker…Sebenarnya kerja shockbreaker mirip denganpompa oli..jadi ketika terjadi ayunan pada kendaraan shock breaker bekerja , batang shock yang di kaitkan pada chasis kendaraan akan bekerja sebagai pompa..
sedangkan bagian shock yang lainya menjadi tabung………..oli yang dipompa ini di kendalikan kecepatan dan volumenya dengan mekanisme valve atau orifis yang terdapat di atas dan di bawah shock breaker..sehingga ayunan tadi dapat diredam kecepatan dan besarnya……
1.Apakah kendaraan Anda sulit dikendalikan? 
Apakah Anda merasakan kemudi kendaraan anda seringkali membuang secara tidak terkendali ? bayangkan anda membawa kendaraan yang tidak rigid..hmmm..pasti sudah mengendalikannya..seperti mendorong agar2 kalau shock mati…..kalau shock masih bagus sepeti mendorong potongan besi…..itu contoh extremenya…..he..he..kalau anda merasakan handling mobil anda begitu susah itu berarti bahwa shock absorber. anda sudah tidak berfungsi segeralah ganti !!!
2. Periksalah ban kendaraan Anda 
Jika ban kendaraan Anda aus secara tidak merata (ada yang kemakan ada yang tidak….atau bahasa germannya macul-macul gitu), itu berarti shock absorber kendaraan anda sudah tidak berfungsi. Sebab shock yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan grip kendaraan ke aspal tidak menjadi sempurna dan tidak merata..sehingga ban akan terkikis secara tidak merata…. Silahkan ganti!!!
Periksa Shock absorber kendaraan Anda, Apakah Anda menemukan oil keluar dari tabungnya? 
Kalau iya berarti seal shockbreaker anda sudah bocor…memang ada beberapa jenis kendaraan yang bisa diganti sealnya saja tapi ini tidak direkomendasikan sebab apabila seal sudah bocor dan oli kurang biasanya as shock breaker itu sendiri sudah termakan..maka meskipun sudah diganti sealnya akan cepat bocor kembali……sebaiknya ganti unit shock breaker anda…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar